Minggu, 30 Oktober 2011



            Browser adalah perangkat lunak untuk untuk berselancar/menjelajah di dunia Internet.Perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web.Kemampuan dari sistem ini diantaranya adalah menampilkan informasi yang terdapat pada suatu alamat di internet serta menuju halaman lain yang terkait yang disediakan oleh halaman tersebut.Browser yang ada pada saat ini antara lain adalah Internet Explorer,Mozilla Firefox,Opera,dll.

Untuk akses internet dari Personal Computer (PC) diperlukan suatu program aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan program tersebut, antara lain:

a. Internet Explorer

            Internet Explorer (IE), merupakan suatu program browser web gratis bawaan dari program windows. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semua platform kecuali Windows XP. Internet Explorer ini dibuat oleh Microsoft Corporation, yang biasanya saat instalasi operating system (OS) Windows akan secara otomatis terinstal.

            Program aplikasi ini memiliki keunggulan dalam hal kestabilan konektivitas, support digunakan untuk kegiatan apapun, jarang ada keluhan eror, dsb. Kekurangannya agak sedikit lambat dalam urusan mendownload file dari internet, baik untuk browsing, surfing, download, maupun upload.

b. Mozila Firefox


            Mozila firefox merupakan program aplikasi untuk browsing internet yang dikembangkan melalui open source. Program aplikasi ini pertama kali dikembangkan untuk sistem opersi berbasis Linux. Namun lambat laun seiring  dengan perkembangannya, program aplikasi untuk web browser ini juga bisa digunakan untuk sistem operasi windows.



Browser ini sangat disukai orang karena hadir dalam bentuk platform yang kompatibel dengan berbagai sistem operasi, seperti platform windows, platform linux, dan platform mac. Langkah untuk memulai sama dengan menjalankan internet explorer. Mozila firefox merupakan program yang cukup populerr untk browsing, bahkam program ini masih digunakan sampai saat ini.



c. Opera

            Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik.

           
Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Opera telah mencapai versi 9 yang bisa diunduh gratis. Opera mempunyai 1,41% persentase pengguna di pasar browser. Alasan penggunannya memilih Opera adalah karena Opera dianggap ringan dan cepat dibanding Internet Explorer.

            Browser ini menjadi saingan Mozilla firefox dan internet explorer. Tampilannya terlihat cukup canggih dan modern. Keunggulannya dapat membuat menu terbaru dalam suatu jendela. Kecepatan untuk mengakses internet cukup tinggi, namun memiliki kekurangan yakni ketidakstabilan sistem yang dimiliki, yaitu sering terjadi masalah dalam mengakses situs – situs tertentu.

            Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA.


d. Yahoo Messengger

            Kegunaan perangkat lunak ini adalah untuk saling bertukar pesan pendek. Layanan yang populer adalah: Yahoo Mesengger (Yahoo IM), MSN, Gtalk. Baik
Yahoo IM, MSN maupun Gtalk memiliki perangkat lunaknya masing-masing dan dapat di install ke komputer pengguna. Kita juga dapat memanfaatkan perangkat lunak messaging yang dapat terkoneksi ke beberapa layanan sekaligus seperti Pidgin. Selain diakses melalui perangkat lunak tersendiri, layanan Yahoo IM, MSN dan Gtalk juga dapat di akses melalui web seperti Meebo.

            Diluar kedua jenis perangkat lunak di atas, ada baiknya di komputer pengguna juga di install beberapa perangkat lunak kategori internet, misalnya: FTP Client, namun hal ini bukanlah prioritas. Yang prioritas adalah: Browser dan Messaging.

 

Search Engine

            Search Engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo.

            Cara kerja search engine pertama-tama mencopy paste semua halaman website yang ada di dunia. Setelah data tersebut masuk kemudian diolah dengan algoritmanya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, dengan algoritmanya dia menampilkan data sesuai yang  dimasukkan pengunjung.

            Search Engine akan berusaha mungkin menampilkan data yang paling relevan dengan yang diinginkan pengunjung. Berbagai kemungkinan data yang akan ditampilkan, dan search engine punya banyak pertimbangan yang dituangkan dalam algoritmanya.

            Algoritma ini terus berkembang karena perkembangan teknologi yang ada di samping banyak website yang berusaha agar website dia muncul di halaman pertama hasil pencarian.

            Untuk bisa masuk di halaman pertama, kita harus membuat website mempunyai content yang baik selain juga mempunyai struktur website yang disenangi serach engine. Ini dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization).

            Proweb banyak memberikan tulisan mengenai SEO, silahkan kunjungi www.prowebpro.com untuk menambah wawasan anda mengenai internet marketing khususnya SEO.


Sepintas Tentang e-mail client

            Sebuah perangkat lunak e-mail client, kadang kala di sebut sebagai Mail User Agent (MUA), juga kadang di sebut sebagai pembaca e-mail adalah perangkat lunak di komputer yang digunakan untuk mengelola e-mail.
            Kadang kala, istilah e-mail client juga digunakan untuk mengacu pada agen yang bekerja sebagai client terhadap sebuah e-mail server, dapat berupa MUA, kadang kala berupa server untuk relay e-mail, atau manusia yang menulis langsung menggunakan terminal dan program telnet. Kadang kala, aplikasi Web yang mempunyai fungsi yang relevan dengan e-mail sering kali di anggap sebagai e-mail client juga.
            Ada beberapa perangkat lunak e-mail client yang dapat digunakan di sistem operasi Open Source, yaitu,
  • Thunderbird
  • Evolution
Evolution telah terinstalasi di keluarga Linux Ubuntu. Sementara Thunderbird belum terinstalasi di Ubuntu. Pada kesempatan ini akan di jelaskan ke dua e-mail client yang banyak digunakan di keluarga Linux Ubuntu.


0 komentar:

Posting Komentar